Sabtu, 18 Mei 2013

Road to Banker (part 1)

Why Mr. Banker?

Hmm, sebuah judul yang udah pasti kalian tau jawabannya. Yap, I’m a banker. Mungkin ini salah satu pekerjaan yang gw mau waktu dulu masih menjabat sebagai mahasiswa. Liat senior-senior yang kerja di bank itu udah kayak liat eksekutif muda. Kerja kantoran, di ruangan ber-AC, pake dasi, pokoknya yang gw pikirin yang keren-keren lah. Tapi, apa yang terjadi sekarang? 180 derajat meeeennnn.. hahaha.. The Real Banker itu ya emang kayak gini (sugesti diri). Sebelumnya mungkin gw certain kenapa gw bisa sampe jadi seorang banker.
Masa-masa sidang itu merupakan salah satu masa paling galau sepanjang kehidupan seorang mahasiswa. Banyak banget hal yang dipikirin, mulai dari “aduh, skripsi gw bisa diterima gak ya?”, “nanti gw lulus kan ya?”, “aduh nanti pendamping wisuda gw siapa ya?” (yang ini curhat) dan “nanti kalo udah lulus gw kerja dimana ya?”. Yang terakhir mungkin yang paling biking gw galau, gimana gak? Sebagian temen deket gw udah pada lulus (3,5 thn dong!) dan udah pada kerja. Pastinya gw  maul ah kayak mereka.
Sidang pun semakin dekat, yang pertama sidang kolokium untuk uji skripsi kita. Ya, mungkin Cuma gw kali ya yang selama masa skripsi itu kerjaannya main-main terus. Bahkan H-1 sebelum sidang kolokium gw masih sempet-sempetnya jalan-jalan ke Mall, makan-makan, dan sampe rumah gw tepar. Kenapa gw malah main? Menurut prinsip gw, semakin dekat dengan saat penting itu harusnya pikiran jangan dibikin stress, contohnya kayak belajar. Lebih baik untuk menenangkan diri aja deh. Siapin mental untuk bisa menghadapi hari esok dengan tenang.  Dan sidang pun dimulai, gw presentasi, tanya jawab, dan gw lulus (hoki bgt kan?!).
Nah, pas banget setelah sidang kolokium, temen gw kasih tau kalau ada program penerimaan pegawai salah satu bank Negara terbesar dan tersebar (tau lah yaaa). Awalnya sih males-malesan banget. Ngapain juga sih ikutan gitu, toh gw juga belum lulus kuliah. Tapi ya dicoba aja lah. Itung-itung cari pengalaman gimana sih susahnya cari kerja.
Tahap pertama yang harus dilakukan untuk seleksi itu adalah penyerahan berkas, dan itu harus dating sendiri. Fiuh, agak males yaa. Apalagi acaranya itu hari sabtu pagi yang seharusnya diisi dengan acara bangun siang. Dan iya aja, malem sebelum acara penyerahan berkas itu, gw malah main ke warnet, ngeGame ampe subuh (ya kira-kira jam 4 baru pulang) dimana acara penyerahan berkas dimulai jam 8. Pulang jam 4, tidur bentar, jam setengah 6 udah bangun. Siap-siap buat ikutan seleksinya. Jam 8 teng gw udah sampe di TKP yang udah penuh dengan lautan manusia yang berlomba-lomba untuk lolos seleksi.
Entah, mungkin di saat itu Cuma gw yang kayak zombie mau ngelamar kerja. Mata masih ngantuk banget, ditambah harus ngantri panjang banget. Yaudahlah, keburu temen gw dating, akhirnya masuk deh tuh ke dalam gedungnya. Dan you know what??!!!! Penuh banget meeenn!!!! Awalnya sih gw seneng-seneng ajah, tapi 30 menit berlalu mungkin gw Cuma berhasil melangkah sejauh 5 meter saja sodara-sodara! Suasana menjadi semakin gak bersahabat, panas, pengap, dan ditambah gw ngantuk banget. Sempat terlintas dalam pikiran untuk menyerah, tapi apa daya, setelah gw liat ke belakang, ternyata gak memungkinkan buat gw untuk kembali (antriannya kayak 1000 orang kebelet pup, tapi Cuma ada 1 toilet). Yah, majulah gw untuk terus melanjutkan proses penyerahan berkas ini.
Satu jam berlalu, dan gak ada pergerakan sama sekali. Akhirnya beberapa menit kemudian, semua peserta bisa diperbolehkan masuk secara bersamaan. Dan itu bener-bener Cuma naroh berkas. Padahal sebelumnya ada wawancara singkat. Nah lho, kok bisa. Ternyata dan ternyata, selama proses antiran pup itu eh seleksi deng, ada laporan dari polisi yang bilang kalo proses seleksi ini udah bikin macet yang panjang banget. Oleh karena itu harus segera diselesaikan. Alhasil, prosesnya ya itu tadi Cuma “NAROH BERKAS”. Ya gak apa-apa lah itung-itung cari pengalaman, iya gak?!.
Setelah proses penyerahan berkas itu, kita semua dikasih tau panitia kalo pengumuman akan diberitahukan 2 hari kemudian. Biasanya sih malam harinya udah dikasih tau, tapi ya udah lah ya ikutin aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar